Gambar

KAMIS PEKAN VII PASKAH

KIS 22:30.23:6-11; YOH 17:20-26

 

BERSATU UNTUK BERSAKSI

BUKAN SEBUAH KEBETULAN SETIAP ORANG DILAHIRKAN KE DUNIA INI. KITA DILAHIRKAN DI DUNIA PERTAMA-TAMA KARENA BUKTI CINTA ANTARA AYAH DAN IBU SETIAP KITA. DARI PERBUATAN CINTA MEREKA YANG TULUS DAN IKLAS PENUH KESUCIAN, KITA DIHADIRKAN SEBAGAI PEREKATKAN IKATAN CINTA KASIH KASIH KEDUA ORANG TUA. DAN DENGAN BESAR HARAPAN KITA DAPAT BERTUMBUH DAN BERKEMBANG MEJADI ANAK DAN PRIBADI YANG DEWASA, SEHAT DAN MEMBAHAGIAKAN BAHKAN SUKSES DAN MEMBANGGAKAN MEREKA. TUJUAN INI SUNGGUH MANUSIAWI DAN WAJAR. TENTUNYA TUHAN PEMILIK SEGALA KEHIDUPAN PUN MEMPUYAI CITA DAN TUJUAN BAGI SETIAP KITA ANAK-ANAK CIPTA JARIJEMARI INDAH DAN ISTIMEWANYA. IA MENGHENDAKI AGAR KITA SEPANJANG ZIARAH HIDUP KITA SELALU BERJALAN DALAM ALURAN JEJAK KAKI DAN TUNTUTAN KEHENDAK SABDANYA AGAR KITA TIDAK TERSESAT, TIDAK TERSANDUNG PADA BATU SALAH DAN DOSA YANG MEMATIKAN, MEMBINASAKAN.

DENGAN CITA TUJUANNYA ITU, YESUS HARI INI MENDOAKAN KITA…. “BUKAN UNTUK MEREKA (PARA RASUL) INI SAJA AKU BERDOA, TETAPI ORANG JUGA ORANG-ORANG YANG PERCAYA KEPADAKU OLEH PEMBERITAAN MEREKA; SUPAYA MEREKA SEMUA MENJADI SATU, SAMA SEPERTI ENGKAU, YA BAPA, DI DALAM AKU DAN AKU DI DALAM ENGKAU, AGAR MEREKA JUGA DI DALAM KITA SUPAYA DUIA PERCAYA BAHWA ENGKAULAH YANG TELAH MENGUTUS AKU”. IA MENDOAKAN KITA UNTUK BERSATU PADU, RUKUN DAN DAMAI. DALAM SUASANA YANG DEMIKIAN KITA MAKIN MEREKATKAN PERSAUDARAAN DAN KEKERABATAN YANG INTENS DAN KUAT TEGUH. KITA BERTEGUH DAN BERSATU PADU SEBAGAI PUTERA-PUTERI KEKASIH YANG DIKASIHI DAN MAKIN PERCAYA KEPADANYA BAHWA DIA ADALAH MESIAS, PUTERA UTUSAN BAPA YAG DATANG KE DUNIA MELALUI INKARNASI UNTUK MENGHANTAR KEMBALI KITA KEPADA BAPA, SANG KEBENARAN DAN KEHIDUPAN SEJATI. IA MENDOAKAN KITA SUPAYA PERSATUAN KITA INI TIDAK HANYA BERSIFAT SEMENTARA TETAPI KEKAL DI DALAM DIA DAN BAPANYA.

TENTUNYA PERSATUAN YANG DIMOHONKAN TUHAN YESUS INI, SUPAYA KITA DAPAT MELAKSANAKAN AMANAH UTAMANYA YAKNI MENJADI MURID YANG PERCAYA DAN MEMUJUDKAN KE[PERCAYAAN IMANKITA ITU LEWAT BERSAKSI SECARA NYATA DALAM HIDUP KITA SEPERTI YANG TELAH DIHAYATI OLEH SANTU PAULUS…. “KUATKANLAH HATIMU, SEBAB SEBAGAIMANA ENGKAU DENGAN BERANI TELAH BERSAKSI TENTANG AKU DI  DI YERUSALEM, DEMIKIAN JUGA HENDAKNYA ENGKAU PERGI BERSAKSI DI ROMA”. SANTU PAULUS HARUS MEMULAI TUGASNYA DARI ROMA. SEBAB KEYAKINAN KALA ITU, ROMA ADALAH PUSAT DUNIA. DAN JUSTRU KARENA ITU, INJIL HARUS BERGEMA DAN HIDUP DARI PUSAT DUNIA DAN MENYEAR KE SELURUH DUNIA. PAULUS SANG TAHANAN, PAULUS SANG TERPIDANA HARUS MENJADI PEWWARTA TENTANG KRISTUS DAN SEGALA KEBAIKANNYA DARI PUSAT SEGALA PUSAT DUNIA YAKNI ROMA AGAR ORANG MAKIN PERCAYA BAHWA KRISTUS YANG TELAH MENDERITA SENGSARA, WAFAT DAN TELAH DIBANGKIT ALLAH KINI MULIA BERTAHTA DALAM KEAGUNGAN AKAN SELALU MENYERTAI DAN MENUNTUT KITA KEPADA PADANG KEHIDUPAN YANG PENUH DENGAN KEHIJAUAN YANG MEMBAHAGIAKAN. PAULUS BERANI BERSAKSI DEMIKIAN KARENA BAGINYA TIADA YANG LEBIH BAIK SELAIN TUGAS ITU….. “ENGKAULAH TUHANKU, TIADA YANG LEBIH BAIK BAGIKU SELAIN ENGKAU” (MZM 16:2).

TUGAS INI MENJADI TUGAS PERUTUSAN KITA. TUHAN YESUS TELAH MENDOAKAN KITA. KEBERSAMAAN KITA SEBAGAI GEREJA AKAN MENAMPAKAN SATU KEKUATAN BESAR. KESAKSIAN HIDUP YANG BENAR DAN TEPAT, BERKESAN DAN MENGUGGAH SEPANJANG ZIARAH HIDUP KITA BERSAMA AKAN MEMBERI KEPASTIAN BAGI MEREKA YANG MENCARI, MENEGUHKAN BAGI MEREKA YANG BIMBANG, DAN MEMBERI KEKUATAN BAGI YANG LEMAH, SERTA MEMBERI HARAPAN BAGI MEREKA YANG GELISAH BAHKAN MENCERAHI BAGI MEREKA YANG SEDANG DALAM KEGELAPAN. KESAKSIAN KITA ITU, TIDAK PERLU PERGI KE PUSAT DUNIA VERSI SANTU PAULUS TETAPI LEBIH TERARAH DALA KELUARGA KITA, TEMPAT KARYA KITA (SEKOLAH, KANTOR, KEBUN, DI ATAS KENDARAAN) DAN MASYARAKAT KITA. TUJUANNYA SUPAYA ORANG MAKIN PERCAYA KEPADA KRISTUS MENGIKUTI AJARAN MULIANYA. UNTUK ITU, KITA MENDASARKAN DIRI PADA DOA KRISTUS SENDIRI. SEBAB DI DALAM DOA KRISTUS DAN BERSATU DENGAN KRITUS TIDAK ADA YANG MUSTAHIL. MARI KITA MENCOBA….. YESUS DOAKANLAH KAMI SEKALI LAGI….  ROH KUDUS PIMPINLAH KAMI SETIAP HARI….. AMIN…..

Rm. Flaviano Kuftalan, Pr.